Trend Generasi Millenial di Indonesia dalam Memilih Makanan dan Minuman Sehat

PERUBAHAN GAYA HIDUP GENERASI MILLENIAL DI INDONESIA

“Let food be thy medicine and medicine be thy food.” -Hippocrates

Kutipan dari sosok Bapak Kedokteran ini tampaknya mendukung tren “healthy lifestyle” generasi saat ini untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, dan mulai membiasakan tindakan preventif dalam mencegah dampak buruk kesehatan dimasa depan. Salah satu artikel hasil survey yang dimuat disalah satu surat kabar, menunjukkan fenomena generasi millenial dalam mengubah pilihan dan preferensi produk mereka.

“produk yang merusak lingkungan atau diolah tanpa memperhatikan isu-isu kesehatan akan makin ditinggal. Ada perasaan ingin ikut bertanggung jawab di kalangan mereka ketika mereka membeli makanan”. (Kompas, 10 oktober 2016)

Generasi millenial yang memiliki power sebagai “market trend setter” ini adalah gambaran future market yang menjadi concern para business player makanan atau minuman sehat untuk memenuhi keinginan dan tuntutan produk yang mereka suarakan.

 

TREND KONSUMSI SNACK SEHAT

Perubahan consumption behavior “snack” yang hanya dimakan sebagai selingan dan sekedar cemilan tampaknya telah bergeser dan berubah. Proses snackifisasi adalah current phenomenon

 

BUSINESS PLAYER SNACK SEHAT DI INDONESIA

Future brand of snackbars

Kehadiran Soyjoy pada tahun 2009 dan kemudian diikuti oleh kehadiran Fitbar pada tahun 2012 adalah key trend snack sehat yang menjadi penanda bahwa “pasar snack sehat” mulai bermunculan. (wmp)