Potensi Bisnis Kuliah Online di Indonesia

PROGRAM KULIAH ONLINE PEMERINTAH INDONESIA Pada Oktober 2014, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi mulai memperkenalkan sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA Indonesia) sebagai salah satu langkah konkret pemerintah dalam proses pemerataan akses pendidikan di Indonesia dan menyelesaikan satu per satu kendala perguruan tinggi di Indonesia. Melalui metode pembelajaran online yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi ini, diharapkan dapat menyelesaikan beberapa masalah perguruan tinggi di Indonesia dan mampu menjawab tantangan global.

 

KENDALA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA (sumber riset MARS Indonesia, 2016)

  1. KUOTA TERBATAS untuk calon mahasiswa di Perguruan Tinggi.
  2. SEBARAN Perguruan Tinggi yang tidak merata, yang terbaik terpusat di Pulau Jawa saja.
  3. Sumber daya pendidikan yang KURANG MEMADAI, berpengaruh pada kualitas pendidikan.
  4. Masih rendahnya jaminan pemenuhan kebutuhan dan permintaan pendidikan tinggi yang bermutu.

 

Melihat berbagai kendala di atas, pemerintah Indonesia melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Penyelenggara sistem SPADA Indonesia. Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Bina Nusantara, AMIKOM, Universitas Pelita Harapan, Universitas Telkom, dan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti adalah beberapa Perguruan Tinggi yang berpartisipasi dalam program pemerintah ini.

Melihat movement pemerintah beberapa tahun kebelakang, tidak menutup kemungkinan bahwa metode pembelajaran ini akan mulai perlahan diterapkan secara massive dan suitainable untuk kedepannya, beriringan dengan proses peningkatan jaminan mutu kuliah online, dan tidak hanya menjadikan kuliah online sebagai supporting saja. 

 

UNIVERSITAS TERBUKA CURI START PROGRAM KULIAH ONLINE DI INDONESIA

Bisnis Kuliah Online

Gap antara supply dan demand kuliah online di Indonesia ternyata dilihat sebagai kesempatan emas bagi pengelola Universitas Terbuka untuk menggarap peluang bisnis dari sistem kuliah online dengan target yang segmented. (wmp)